terbentuknya minyak bumi dan petroleum system

Posted on Updated on

Banyak yang orang yang ingin bekerja di dunia Oil and Gas tetapi hanya segelintir orang yang berkesempatan untuk menyicipi minyak dan gas bumi ini. Mungkin bagi yang tertarik gabung di dunia migas silakan menyimak info-info yang mungkin berguna, disini kita akan berkenalan dengan istilah-istilah keren di dunia migas. sebagai sedikit bekal menuju dunia Oil and Gas yang semakin hari semakin berkembang ini

BBM mahal dimana-mana, kok bisa mahal ya, mungkin karena ngambilnya yang susah dan risikonya yang tinggi makanya jadi mahal. Eh BBM kan asalnya dari minyak bumi, gimana sih minyak bumi itu sebenarnya??

Sejarah penemuan minyak bumi

Untuk pertama kalinya orang mengenal minyak bumi ini di daerah Mesopotamia. Bahkan menurut catatan sejarah neh, orang china udah coba-coba ngebor minyak bumi sejak sebelum zaman masehi (berhasil apa nggak ya).

Permulaan ada industri minyak bumi, adanya di negrinya Paman sam alias amerika serikat sono sekitar abad 19. Minyak bumi ini jadi begitu berharga karena suatu hari di Glasgow ditemukan cara mengolah minyak bumi menjadi minyak lampu, makanya nih minyak bumi semakin dicari n diburu (kebayang kan dulu kan orang ngidupin lampu pake minyak). Lapangan-lapang minyak raksasa mulai ditemukan di tanah arab beberapa tahun sebelum PD II (alias perang dunia) meledak (BOOOMM!!!).

Minyak bumi ini kan adanya didalam perut bumi ya… gimana cara ngambilnya…

Gimana ya… ya dibor dong..

Nah dalam sejarah ngebor mengebor minyak bumi ini untuk kali pertama dalam sejarah pengeboran pertama dilakukan sekitar tahun 1885, pengeboran ini sukses memproduksi minyak secara komersil. Pekerjaan ini sukses dilakoni oleh mbah Aeilko Jans Zifiker di telaga tunggal no I pada kedalaman 22 meter.

(Wah kaya raya tuh si mbah, bagi2 duit dong).

Nah kita tahu begitu awalnya bagaimana orang berhasil mengangkat minyak yang ada di perut bumi ini dan mengolahnya di atas perut bumi. Sebenarnya minyak dan gas bumi itu apaan sih? Gw bukan pakar dibidang ini (gw juga baru belajar). Tapi gw akan berbagi info dari apa yang pernah gw dapetin.

Ok minyak dan gas bumi itu khan biasa juga disebut dengan hidrokarbon, karena penyusun utamanya adalah C (Carbon) dan H (hydrogen). Hidrokarbon ini berasal dari organic, senyawa utama yang bertugas membentuk minyak dan gas bumi ini adalah lipids (lemak,steroid, dan pigmen), protein dan karbohidrat. Proses pembentukkannya menjadi minyak bumi itu membutuhkan waktu yang lama (dalam skala jutaan tahun) dan proses yang kompleks. Komponen dan proses yang diperlukan buat membentuk dan menyimpan hidrokarbon disebut dengan “petroleum System”. Agar minyak bumi ini bisa terbentuk didalam perut bumi ini nggak sembarangan ad 5 orang eh ada 5 syarat yang harus, kudu wajib ada Yaitu :

1. Batuan induk yang matang (source rock)

2. jalur migrasi (migration pathways)

3. Batuan reservoir (reservoir rock)

4. Perangkap (trap)

5. Penyekat (seal)

Wah ribet juga ya . Iya ribet, belum lagi ngangkatnya belum lagi ngolahnya sampai jadi bahan baker, sampai masuk ke tanki motor loe… he….he…

One thought on “terbentuknya minyak bumi dan petroleum system

    KEADAAN GAS ALAM DI DALAM PERUT BUMI « fauzan personal blog said:
    Desember 23, 2008 pukul 8:36 am

    […] Untuk memperjelas pengertian caprock dan reservoir perhatikan tulisan sebelumnya mengenai terbentuknya minyak bumi dan petroleum system […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s